Halaman

Senin, 25 Oktober 2010

Lesson HTML : HTML

            Hallo apa kabarnya?... Semoga baik-baik saja dan tak ada masalah....., untuk para newbie buat blog atau website, sekarang kita akan membahas... permulaan bahasa HTML...,
            HTML atau Hypertext Markup Languange adalah suatu bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat web ataupun blog (sama aja....) yang bersifat client side yang memumgkinkan untuk menampilkan informasi dalam bentuk teks.
       
            Client side, apakah itu? itu adalah salah satu kategori HTML. perlu yang anda ketahui kategori HTML itu ada 2 yaitu :
  1. Client Side
  2. Server Side
           Untuk penjelasan keduanya nanti yah.... modul berikutnya lagi, sekarang kita belajar struktur bahasa pemograman HTML jad sabar dulu......,
           Didalam struktur HTML terdapat tag, tag ditulis dalam bahasa HTML adalah "<_>" (jangan pakai kutipnya, tanda _ itu dimasukan nama tagnya), contohnya seperti <html>, <body>, dll.
           Didalam struktur HTML kita harus mengawalinya dengan <html> tag-tag HTML</html>, jangan yang lain!, lalu kita masukan judul di <title> Judul File </title> dan isi web/kontennya di dalam <body> konten HTML/isi HTML </body>. 
          Didalam HTML terdapat tag-tag yang berpasangan, kenapa berpasangan?, karena jika tidak berpasangan nantinya fungsi tersebut tidak ada akhirnya, so, kita harus kasih penutupnya agar fungsinya tag tersebut berakhir di tempat sesuai yang kita inginkan. nah, jadi kita harus memasangkan tag tersebut secara berpasangan agar dapat fungsi tag tersebut dapat berfungsi sesuai yang kita inginkan. contohnya <html> </html>, <head> </head>, <body> </body>, <p> </p>, <h1> </h1>, dll.
           Didalam HTML juga ada tag-tag yang tidak berpasangan. contohnya <br>, <hr>,dll
           Untuk membuat HTML kita untuk dasarnya lebih baik memakai notepad, yang terletak di Start Menu > All Programs > Accessories > Notepad.
           Untuk latihan kalian buatlah HTML seperti dibawah ini:

<html>
<head>
          <title> Disini Judulnya </title>
</head>
<body>
           Aku Bisa Buat HTML sederhana
</body>
</html>

           Nah itu....., penjelasannya:
           <html> seperti yang dibahas tadi bahwa ini adalah awal dari bahasa pemograman HTML
           <head>....</head> untuk memasukan tag <title> .... </title> dan dapat anda masukan function, seperti function JavaScript, dll.
           <title>..... </title> untuk memsukan judul tag, dan nanti akan ditampilkan di TitleBar web browser.
           <body> ..... </body> untuk memasukan konten/isi dari web anda.
           
           Nah itu adalah sedikit penjelasn dari saya....., sekian dulu modul dari saya....., untuk kekurangan makluminlah, dan Selamat Mencoba

0 komentar:

Posting Komentar