Halaman

Senin, 29 November 2010

Lesson HTML : Table

   Nah sekarang saya akan membahas bagaimana caranya membikin table pada HTML.
    Table diperlukan untuk bisa untuk merapihkan dan bisa juga sebagai suatu informasi dalam bentuk tabel. tag ini sangatlah sering ditemukan di seleruh website, jadi bagi kalian yang ingin belajar tag ini, silahkan baca
     Tag table merupakan tag yang berpasangan yaitu diawali oleh <table>sampai</table>. dan tag table terdiri atas colom dan baris.
     Tag table terdapat beberapa tag yaitu:
1. <tr> 
     Tag ini digunakan untuk menetukan baris jadi semakin banyak <tr> maka semakin banya pula baris dalam table kita, diantaran <tr></tr> tidak dapat diisi oleh konten/isi dalam table tersebut, tapi sisipkan tag <td>/<th>, contohnya:
<table border="1">
     <tr>
         <td> Baris1 </td>
     </tr> 

     <tr>
         <td> Baris2 </td>
     </tr> 
</table>
maka hasilnya:
Baris1
Baris2
     Penjelasannya, <table border="1"> adalah table yang diberikan border(ketebalan garis table) sama dengan 1, <tr></tr> menetukan baris diatas terdapat 2 <tr></tr>, untuk td dapat dilihat dibawah ini.

2. <td>

     Tag td (<td>) adalah tag yang menetukan berapa kolom yang ingin digunakan oleh table kita dan diantara <td></td> di isi oleh konten/isi dari kolom tersebut, contohnya:

<table border="1">
     <tr>
         <td> Baris1 </td>
         <td> Baris2 </td>
     </tr> 
</table>
maka hasilnya:
Baris1 Baris2
     Penjelasannya, <table border="1"> adalah table yang diberikan border(ketebalan garis table) sama dengan 1 seperti pada penjelasan sebelumnya, <td></td> menetukan kolom diatas terdapat 2 <td></td>, sedangkan <tr></tr> hanya ada satu sehinggan hanya terdapat 1 baris dalam table tersebut.

3. <th>

     Tag th (<th>) adalah tag yang fungsinya sama seperti <td> tapi bedanya tag ini dengan <td> adalah th(table header) adalah tag header untuk table, contohnya:
<table border="1">
     <tr>
         <th> Baris1 </th>

     </tr> 

     <tr>
         <td> Baris2 </td>
     </tr> 
</table>
maka hasilnya:
Baris1
Baris2
     Penjelasannya, <table border="1"> adalah table yang diberikan border(ketebalan garis table) sama dengan 1 seperti pada penjelasan sebelumnya, <th></th> dapat dilihat pada Baris1 hasilnya memakai header secara otomotis dan align center. terdiri dari 1 kolom, sedangkan <tr></tr> hanya ada satu sehinggan hanya terdapat 2 baris dalam table tersebut.

    Mudah-mudahan informasi tadi dapat bermaampaat bagi anda semua.
    Untuk penjelasan tentang fungsi-fungsi dalam <table> akan ditemukan pada modul berikutnya....
    Selamat Mencoba....

0 komentar:

Posting Komentar