Halaman

Kamis, 28 Oktober 2010

Lesson HTML : Aplikasi Server Side


          Nah sekarang sesuai yang saya janjikan, sekarang kita akan membahas tentang server side...., untuk client side nanti aja, di modul berikutnya.....,
         Aplikasi yang bersifat server side adalah PHP, ASP, Perl, Java, Phyton, dan ColdFusion.
        Pada umumnya pengunjung web meminta  informasi yang disimpan pada basis data sebuah situs web. Adalah tugas aplikasi CGI untuk menyampaikan karakteristik data yang diminta oleh tamu kepada aplikasi pencari data. Semua ini dilakukan menggunakan format bahasa SQL (Structured Query Language). Nantinya, hasil pencarian akan disuguhkan kepada tamu oleh aplikasi CGI.
            Contoh lain dari aplikasi yang bersifat server side adalah mesin pencari (search engine). Contohnya adalah Google. Karakteristik data yang diinginkan pengunjung ditampung dalam sebuah form. Anda bisa mengetikkan kata kunci pencarian dalam boks pencari, apakah teks dari web atau gambar. Jika ingin, lokasi pencarian (regional atau global), dan ukuran data (kesil, sedang, atau besar) juga bisa Anda tentukan. Begitu Anda menekan tombol [Telusuri dengan Google], request pencarian akan diteruskan oleh CGI kepada server Google.
            Server Google akan menghubungi setiap server web yang terhubung ke onternet, dan menelusuri file indeks setiap situs tersebut untuk menemukan informasi yang sesuai dengan kata kunci yang Anda mesukkan. Hasil pencarian akan disuguhkan kembali ke pengunjung oleh aplikasi CGI dalam bentuk ratusan atau bahkan ribuan URL (Universal Resource Locator) situs web yang relevan.
           Sekian dulu dari saya...., selamat belajar yah....

0 komentar:

Posting Komentar