Halaman

Rabu, 16 Februari 2011

Lesson VB. 06 : Membuat Database Memakai VB.06

      Dlm pembuatan database suatu program terdapat beberapa cara yaitu dengan mysql, acces, dll. Tetapi ada juga membuat database dengan menggunakan pasilitas vb6 anda, caranya mudah tinggal ikutilah langkah-langkah dibawah ini saja:
1. Klik menu bar Add-ins
2. Pilih Visual Data Manager
3.Lalu untuk membuat Database baru klik File -> New -> Pilihlah Microsoft Acces yang umum -> Pilih Versi terbaru biasanya Version 7.0 MDB. Seperti dibawah ini:
 Setelah itu akan muncul seperti gambar di bawah ini:
5. Langkah berikutnya buatlah tabel baru dengan cara klik kanan pada properties di jendela Database Window -> Pilih New Table seperti dibawah ini.
Dan akan muncul jendela baru seperti dibawah ini:
6. Untuk membuat table isilah terlebih dahulu Table Name, ini digunakan untuk mengisi nama dari table yang akan dibuat. Lalu untuk membuat fields table yang akan kita buat caranya dengan klik Add Field, lalu isi Nama Field(Ingat untuk nama field jangan ada yang sama dan tidak boleh menggunakan spaci karena nama field ini bagaikan Nama variable jadi hukumnya oun sama), pilih type datanya. Untuk size itu tergantung panjang isi dari field tersebut dan biasanya size ini enable bila type datanya text. Bila sudah field dimasukan klik close.
7. Dan untuk menentukan Index sperti primary key, not null, unique, dll. Klik Add Index -> setelah itu ada tampilan baru lalu, pilihlah nama fields di kolom Available Fields, Kolom index fields akan terisi otamatis, dan kasih nama index tersebut di Kolom Name, kalau sudah klik close..

Nah itu adalah sedikit dari saya..., untuk lebih lanjutnya saya akan membahasnya lagi dilain hari....
Terima Kasih dan Selamat Belajar....

0 komentar:

Posting Komentar