Laman

Minggu, 14 November 2010

Lesson HTML : Client Side


           Sesuai janji saya di moduul yang lalu saya sekarang akan membahas, tentang client side..... Ingat dimodul sebelumnya HTML terdiri atas beberapa jenis yaitu server side (klik disini untuk melihat) dan sekarang client side.
           Clienst side adalah Script yang diolah langsung oleh browser. Di dalam hal web server, Karena diolah langsung oleh browser, browser memiliki kemampuan untuk menterjemahkan kode-kode yang ada pada script. Jika tidak mampu maka hasilnya tak bisa dinikmati di layar browser.
             Script yang berjenis client side bisa diletakkan di server manapun mengingat server tak bertanggung jawab dalam mengolah kode-kode script. Mengingat diolah oleh browser, kode-kode script client side ini bisa dilihat dengan mudah oleh orang lain. Inilah yang dikatakan bahwa script yang berjenis client-side tak aman dan mudah diambil programmer lain.
             Contoh aplikasi yang sifatnya client side bisa dilihat langsung di halaman situs, saat Anda mengklik sebuah tombol dan melihat aksi rollover, atau melihat animasi web dan efek-efek visual serta multimedia. Inti dari aplikasi client side ini adalah suguhan tampilan interaktif di halaman web. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi client side antara lain JavaScript dan Macromedia Flash.
             Nah itu adalah tentang client side...
             Mudah-mudahan modul tersebut dapat berguna bagi anda semua.

0 komentar:

Posting Komentar